Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu merupakan pengembangan dari Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu yang berdiri sejak tahun akademik 1995/1996 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor 515/M/2020 Tentang Izin Perubahan Bentuk Akademi Kesehatan Yayasan Sapta Bakti Bengkulu di Kota Bengkulu menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan oleh Yayasan Sapta Bakti Bengkulu.

Awal mulanya, sebagai lokasi kampus memanfatkan beberapa ruang belajar SPK/Akper Depkes, Kemudian pada tahun akademik 1996/1997 pindah ke lokasi di Jalan Timur Indah Raya No.6 Lingkar Tumur Bengkulu. Sejak November 2001, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu telah memilki gedung sendiri yang terletak di Jalan Mahakam Raya No.16 Lingkar Barat Bengkulu.

Pada awal tahun 2008 telah dibangun gedung untuk Program Studi DllI Kebidanan guna mendukung operasional pendidikan yang akan dijalankan. Pada bulan April 2014 telah lahir Program Studi baru yaitu Perekam Medis dan Informasi Kesehatan berdasarkan Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 077/P2014 Tentang lzin Penyelenggaraan Program Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Program Diploma l (D-3) pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bak├╝ Bengkulu di Bengkulu yang diselenggarakan oleh Yayasan Sapta Bakti Bengkulu yang merupakan satu-satunya Program Studi di Provinsi Bengkulu dan ketiga di Sumatera dan pada bulan Mei 2020 telah lahir Program Studi Strata 1 yaitu S1 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang merupakan satu-satunya prodi yang terdapat di Sumatera. 

Pada logo baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu, mengibaratkan Sapta Bakti sebagai matahari, dimana matahari sobagal sumber energi terbesar dalam tata sunya, energinya tidak putus dan terus menyinarl dan menjadi sumber kehidupan di bumi, kehadirannya menjadi awal baru yang baik.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu tahun akademik 2019/2020 untuk Program Studi DIll Keperawatan telah menerima mahasiswa angkalan ke XXIV, untuk Program Studi DIII Kebidanan angkatan ke Xll dan Program Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Angkatan ke V. Program Studi D.ll Keperawatan telah meluluskan XXI angkatan dan Program Studi DIll Kebidanan telah meluluskan IX angkatan, Program Sudi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan telah meluluskan ll angkatan, yang sebaglan besar talah terserap dalam berbagai lapangan kerja pada lingkup kesehatan di propinsi Bengkulu, di luar wilayah propinsi Bengkulu maupun di manca negara seperti Jepang.

Keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu yang sekarang akan menginjak usia 25 tahun, jika dibaratkan seorang anak maka saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti telah tumbuh menjadi remaja dewasa. Berbagal prestasi yang telah diraih dalam usia keremajaan inl, baik prestasi akademik maupun non akademik yang merupakan prestasi mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu.

Sejauh Inl, respon stakeholders menyatakan bahwa lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu mempunyal nilal yang sangat baik Penyerapan tenaga kelulusan kurang lebih 85% sd 94 lulusan terserap pada institusi-instusi pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta.

Usia bukanlah suatu permasalahan dalam instusi sekarang ini, dengan memanfatkan stategi pemasaran yang maju dan canggih, penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas untuk membangun pencitraan dan reputasi dinnya dalam persaingan yang semakin antara perguruan-perguruan tinggi pemerintah dan swasta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu mampu menghadapi semua rintangan dan tantangan tersebut. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai luhur Rencana Induk Pengembangan (RIP) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu yaitu membangun dan menghasilkan generasi yang jujur, cerdas, dan peduli dengan nilai-nilal luhur seperti OLAH PIKIR (cerdas, kreatif, inovatif , produktif, serta berorentasl IPTEK dan reflektif). OLAH HATI (Jujur, beriman,bertaqwa, amanah, adil dan bertanggung Jawab, empat, berani serta pantang menyerah, dan rela berkorban/berjiwa patriotik), OLAH RAGA (Tangguh, bersih, sehat, dislplin, sportif, bersahabat, kooperatif, ceria, berdaya tahan, handal, dan komperatif) serta OLAH RASAKARSA (pedull, ramah, santun, saling menghargai, suka menolong, gotong royong dan mengutamakan kepentingan umum  )bagi setiap civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesahatan Sapta Bakti Bengkulu.