Sejarah Keperawatan

Program pendidikan DIII Keperawatan merupakan Pendidikan vokasional dengan proses pembelajaran yang menekankan pada tumbuh kembang kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang perawat vokasional yang memiliki sikap dan kemampuan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar. Pendidikan DIl Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang dalam pelaksanaannya selalu mengalami perbaikan baik dari metoda pembelajaran maupun dari sarana prasarana serta periengkap pembelajaran lainnya. Selain melakukan perbaikan kurikulum berdasarkan hasil eveluasi yang sudah dilaksanakan, kurikulum juga selalu mengikuti perubahan-perubahan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan olen kemenkes RI.

Sesuai dengan ketentuan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu bahwa setiap 3 tahun dilakukan peninjauan kurikulum secara menyeluruh, maka tahun 2014 dilaksanakan evaluasi penerapan kurikulum yang sifatnya menyeluruh, hal ini juga dilakukan terutama berkaitan dengan perubahan kurikulum DIll Keperawatan dari Dikti. Setiap akhir semester dilakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan jika ada yang dirasakan kurang akan segera dilakukan perbaikan. Latar belakang utama dilakukan peninjauan kurikulum secara menyeluruh adalah karena adanya perubahan kompetensi Dlll Keperawatan yang berdasarkan KKNI level 5 (Lima) melalui pelatihan dan workshop yang dilaksanakan oleh asosiasi pendidikan DIll Keperawatan Tahun 2014 bahwa pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang ditetapkan adalah proses pembelajaran terintegrasi dan dikelompokan menjadi satuan yang mengahasilkan kompetensi tertentu yang dinamakan "Blok."

Dari hasil evaluasi sistem blok yang sudah dilaksanakan pada T.A 2014/2015, pada tahun ini Kurikulum dengan mata kuliah yang menggunakan sistem Blok diperbaiki serta menambah mata kuliah yang dianggap penting untuk DIIl Keperawatan sesuai dengan kurikulum Nasional yang terbaru, perbaikan-perbaikan ini dilakukan dengan tujuan agar membenikan acuan dalam penyelenggaraan program pendidikan DIII Keperawatan dengan pendekatan KBK dalam melaksanakan proses pembelajaran yang benar sehingga dapat menghasilkan perawat yang CAKAP yaitu Cekatan Amanah Komunikatif Aktif dan Profesional sesuai dengan visi STIKes Sapta Bakti Bengkulu. Kurikulum keperawatan juga menambah mata kuliah dan keterampilan khusus dibidang lain seperti mata kuliah perawatan luka dan siaga bencana serta membekali mahasiswa dengan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas lulusan terutama dibidang kegawatdaruratan agar menghasilkan tenaga keperawatan yang CAKAP dan unggul dibidang kegawatdaruratan sesuai dengan visi Prodi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu.

AKREDITASI KEPERAWATAN:

NO SK : 0105/LAM-PTKes/Akr/Dip/Khs/III/2017

Terakreditasi B (Baik)